Cara Perawatan Gigi Berlubang yang Wajib Kamu Tahu

Gigi merupakan salah satu organ penting manusia yang digunakan untuk menghancurkan makanan sehingga bisa ditelan dan dicerna dengan baik. Keadaan gigi yang baik akan menentukan proses pengunyahan yang baik juga sehingga makanan akan lembut dan mudah masuk ke dalam tubuh. Jika keadaan gigi tidak sehat atau bahkan berlubang tentunya akan mengganggu aktivitas jika dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, jika gigi kita ada yang berlubang maka harus memperhatikan Perawatan Gigi Berlubang secara baik agar tidak semakin parah. Hal-hal yang perlu dilakukan yaitu :

1. Sikat Gigi Setelah Makan
Banyak yang mengatakan bahwa menyikat gigi dilakukan 2 kali sehari. Namun, cara tersebut dirasa kurang efektif untuk perawatan gigi, bahkan untuk gigi yang berlubang. Sikat gigi disarankan dilakukan pada pagi hari setelah bangun tidur, pada malam hari sebelum pergi tidur, dan setelah makan. Menyikat gigi setelah makan dimaksudkan agar sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi cepat dibersihkan dan mengurangi kerusakan pada gigi.

2. Gunakan Pasta Gigi ber-Flouride
Apa itu Flouride? Flouride adalah suatu zat penting yang terkandung dalam beberapa produk pasta gigi yang berfungsi mengurangi keropos gigi sehingga sangat cocok digunakan untuk seseorang yang mengalami gigi berlubang. Selain itu, kandungan Flouride juga berfungsi sebagai perbaikan dan penguat lapisan pada gigi. Jika anda ragu dengan produk yang dijual di pasaran yang menawarkan kandungan Flouride, anda bisa bertanya pada dokter spesialis gigi mengenai saran produk pasta gigi yang aman dan ber-flouride.

3. Berkumur
Ternyata rangkaian Perawatan Gigi Berlubang tidak hanya terhenti pada menyikat gigi. Namun juga aktivitas berkumur yang dapat membersihkan plak dan menghilangkan bakteri jahat dalam mulut. Plak jika dibiarkan akan merusak gigi dan megakibatkan gigi berlubang serta mengganggu gusi. Namun, berkumur juga harus menggunakan produk yang benar-benar membantu anda dalam merawat gigi, untuk itu konsultasilah ke dokter mengenai produk cairan pembersih mulut yang cocok untuk perawatan gigi anda.

4. Perhatikan Makanan dan Minuman
Hampir semua orang memiliki makanan dan minuman kesukaan yang hampir setiap hari dikonsumsi. Namun, tidak semua makanan dan minuman itu baik bagi gigi karena ada beberapa yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi yang dapat merusak gigi jika dikonsumsi berlebihan. Makanan cepat saji jika dikonsumsi secara berlebihan akan menghambat kalsium gigi. Minuman kekinian zaman sekarang yang banyak ditambah topping atau boba juga mengandung gula yang tinggi. Untuk itu, berhati-hatilah dengan makanan dan minuman seperti itu, perhatikan jumlah konsumsi setiap harinya. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah jelas mengandung pemanis buatan.

5. Periksa ke Dokter
Perawatan gigi sangat dianjurkan dilakukan secara berkala yaitu 6 bulan sekali dengan pemantauan dari ahli/dokter gigi. Pastinya dokter akan memberikan saran yang baik atas keluhan mengenai gigi anda. Jika gigi sudah berlubang atau rentan berlubang, dokter memiliki cara menutup gigi tersebut dengan Sealant atau jaket gigi yang bertujuan untuk melindungi gigi dari plak dan bakteri jahat, sehingga meminimalisir kerusakan pada gigi.

Beberapa cara Perawatan Gigi Berlubang tersebut sangat wajib dilakukan bagi setiap orang jika mendambakan keadaan gigi yang sehat dan terawat. Jangan hanya terpaku pada keinginan untuk memutihkan gigi secara instan, pemasangan behel untuk aksesoris semata, namun juga harus memperhatikan kesehatan untuk jangka panjang. Gigi yang sehat dan terawat tentunya akan mempengaruhi keadaan gusi sehingga sakit dan nyeri pada gigi tidak akan mudah menyerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *