Sukses Operasi Amandel? Yuk Intip Cara Cepat Sembuh Pasca Operasi Amandel!

Amandel adalah kelenjar getah bening yang terdapat pada kedua sisi tenggorokan yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh. Beberapa orang mengalami sakit pada bagian ini yang biasa disebut radang amandel atau dengan bahasa kedokteran Tonsilitis. Radang ini merupakan keadaan pembengkakan yang terjadi pada area mulut bagian dalam, yaitu bagian amandel yang menyebabkan kesusahan saat menelan makanan. Keadaan ini sering menyerang anak-anak, namun bukan hal mustahil jika sakit ini juga menyerang orang dewasa. Penyebab dari radang amandel adalah infeksi virus dan bakteri. Cara mengatasi radang amandel ini salah satunya adalah operasi pengangkatan amandel. Operasi ini dilakukan dalam rangka penghilang rasa sakit yang hilang timbul berkali-kali dalam 1 tahun. Biasanya pasien akan dirawat selama 1-2 hari saja. Jika operasi telah sukses dilakukan, tentunya orang tersebut akan mencari Cara Cepat Sembuh Pasca Operasi Amandel agar bisa segera kembali ke aktivitas semula. Berikut ulasannya :

1. Berkumur
Berkumur dengan air garam dipercaya dapat membersihkan sisa-sisa lendir pada tenggorokan pasca operasi. Air garam bersifat isotonik mampu menenangkan tenggorokan pasca peradangan dan tidak akan mengiritasi selaput di tenggorokan. Berkumur menggunakan air garam tidak hanya dilakukan seseorang setelah operasi, namun bisa juga mencegah amandel agar tidak semakin parah.

2. Konsumsi Es Krim
Walaupun bukan cara yang wajib dilakukan pasca operasi amandel, makanan dingin dengan tekstur lembut ini bisa mengurangi rasa mual dan tidak akan menyebabkan iritasi pada tenggorokan setelah operasi. Dokter lebih menyarankan pasien mengonsumsi es krim vanilla dengan warna dan rasa yag tidak terlalu tajam. Mengkonsumsi es krim tidak dianjurkan dilakukan setiap hari pasca operasi. Sebaiknya, lakukan hanya beberapa hari sekali ketika tenggorokan memang terasa nyeri atau tidak nyaman.

3. Istirahat yang Cukup
Proses pemulihan pasca operasi amandel diperkirakan 10-14 hari dengan beberapa efek samping yang ditimbulkan, seperi mual, demam, dan nyeri. Oleh karena itu, pasien akan sangat dianjurkan untuk istirahat yang cukup dan juga menghindari tidur terlalu larut. Mengistirahatkan tubuh secara optimal akan membantu proses penyembuhan pasca operasi. Istirahat yang baik bisa dilakukan dirumah dengan penggunaan aromaterapi yang bersifat menenangkan sehingga tidur akan lebih nyenyak dan nyaman.

4. Minum Air Putih
Air putih dipercaya dapat mengurangi rasa mual pasca operasi. Cara Cepat Sembuh Pasca Operasi Amandel dengan mengonsumsi air putih secara berkala akan meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh seseorang. Dengan melakukan hal ini, maka tenggorokan akan mudah beradaptasi dengan makanan-makanan berat pasca operasi sehingga asupan nutrisi tubuh tidak akan berkurang walaupun setelah menjalani operasi.

5. Konsumsi Obat Penghilang Nyeri
Pasca operasi biasanya dokter akan memberikan rangkaian obat sebagai penetralisir atau penghilang rasa nyeri sebagai efek samping dari operasi tersebut. Obat yang dianjurkan yaitu Aspirin. Fungsi dari obat ini yaitu mengurangi rasa nyeri, menurunkan demam, dan peradangan. Penggunaan obat ini harus dengan resep dokter dan hanya dianjurkan kepada pasien minimal berusia 20 tahun.

Hal-hal di atas merupakan beberapa Cara Cepat Sembuh Pasca Operasi Amandel yang bisa dipraktikkan di rumah atau dengan perawatan dari rumah sakit. Beberapa cara di atas mungkin bukan merupakan cara wajib atau cara utama, namun banyak orang yang sudah melakukannya dan berhasil sembuh dengan cepat. Perawatan diri secara baik dan teratur pasca operasi akan menentukan cepat atau tidaknya proses pemulihan. Untuk itu, disarankan untuk tetap konsultasi ke dokter anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *